Alih Jabatan Perwira TNI


Keputusan Panglima TNI No. Skep/191/V/2005 tanggal 16 Mei 2005
Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI No. Skep/191/V/2005 tanggal 16 Mei 2005 telah diputuskan pemberhentian dan penempatan dalam jabatan Perwira Tinggi 57 orang personel TNI terdiri dari :
-        31 orang di jajaran Mabes TNI
-        18 orang di jajaran TNI AD
-        6 orang di jajaran TNI AL
-        1 orang di jajaran TNI AU
-        1 orang di lingkungan Dephan
Dalam mutasi tersebut diantaranya tercatat sebagai berikut  :

-        4 orang memasuki masa pensiun, mereka adalah : Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh dan Marsekal TNI Chappy Hakim mantan Kasal dan Kasau di mutasi dari jabatan lama Pati Mabes TNI kedalam jabatan baru sebagai Pati Mabes AL dan Mabes AU dalam rangka pensiun. 2 orang lainnya adalah Mayjen TNI Ahmad Djunaidi Sikki Pangdam V/Brawijaya mutasi sebagai  Pati Mabes TNI AD dalam rangka masa persiapan pensiun (MPP) dan Laksma TNI Ir. I Wayan Dhana Widjana sebagai Pati Sahli Kasal di mutasi sebagai Pati Mabes TNI AL dalam rangka MPP.
-        39  orang mutasi jabatan dalam golongan pangkat yang sama, diantaranya  :
Mutasi di jajaran Mabes TNI antara lain, Mayjen TNI Kohirin Suganda, S, M.Sc Koorsahli Panglima TNI menjadi Kapuspen TNI sementara jabatan Koorsahli Panglima TNI digantikan oleh Mayjen TNI A. Radjagukguk, S.IP., M.Sc yang sebelumnya menjabat sebagai Aster Kasum TNI.  Sementara jabatan Aster Kasum TNI dijabat oleh Mayjen TNI Syamsul Maarif, S.IP.Msi yang sebelumnya menjabat sebagai Askomsos Kasum TNI. Mayjen TNI Bambang Darmono Staf Ahli Panglima TNI Bid. Kesra menjabat sebagai Danpussenif Kodiklat TNI AD.
Mutasi di jajaran TNI AD diantaranya, Mayjen TNI George Toisutta Pangdivif-I/Kostrad menjadi Pangdam XVII/Trikora menggantikan Mayjen TNI Nurdin Zainal yang di mutasi sebagai Asintel Kasum TNI.  Jabatan Pangdivif-I/Kostrad dijabat oleh Brigjen TNI Bambang Suranto, S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kasdam II/SWJ.   Mayjen TNI Syamsul Mappareppa, S.IP. Danpusterad menjadi Pangdam V/BRW menggantikan Mayjen TNI Ahmad Djunaidi Sikki, Mayjen TNI Suprapto, S.Sos. Pangdam VII/WRB menjadi Danpusterad dan Mayjen TNI H.M. Arief B.S.,S.IP.,S.H.,M.BA. Danpussenif Kodiklat TNI AD menjadi Pangdam VII/WRB Brigjen TNI Prijanto Kasgartap I menjabat sebagai Kasdam Jaya. Brigjen TNI Muhamad Noer Muis Msc Staf Ahli Kasad Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup menjabat sebagai Kasgartap-I/Jakarta. Brigjen TNI Mochamad Irianto Kasdam Jaya menjabat sebagai Pati Ahli Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup dan Marsma TNI Drs. D.A. Tambunan, S.H. Pati Staf Ahli Kasau Bidang Strahan menjabat sebagai Kasgartap-II/Bandung.
Mutasi di jajartan TNI AL diantaranya,  Laksda TNI Djoko Agoes Hanoeng Danseskoal menjadi Asops Kasal, sedangkan posisi Danseskoal dijabat oleh Laksda TNI Sosialisman yang sebelumnya menjabat Pangarmatim. Untuk jabatan Pangarmatim dijabat oleh Laksda TNI Y. Didik Herupurnomo yang sebelumnya menjabat sebagai Pangarmabar.
-        13 orang promosi jabatan diantaranya :
Mutasi dalam rangka promosi dari Bintang Satu ke Bintang Dua adalah Brigjen TNI Suhartono Suratman yang sebelumnya menjabat sebagai Pgs. Kapuspen TNI, menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI dan Brigjen TNI H. Moch Arief Siregar, SH.,M.Sc.,M.M.,M.H. Dirkumad menjabat sebagai Kababinkum TNI.
-        1 orang karena alih tugas yaitu Laksda TNI Ardius Zainuddin, SH, Asops Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka alih status menduduki jabatan Eselon- I di lingkungan Departemen Perikanan dan Kelautan.